scroll icon

Taktik pemasaran baru dibidang digital

27-Sep-2021

Bagi Anda pelaku bisnis di bidang digital, kalian pasti sering mendengar istilah SEO (Search Engine Optimization) dan SEM (Search Engine Marketing), meskipun keduanya memiliki pengertian yang berbeda tetapi keduanya seringkali disandingkan bersama. SEO dan SEM menjadi trik pemasaran baru di bidang digital saat ini, karena dapat menaikan traffic serta conversion di website Anda. Tapi tahukah Anda pengertian dan perbedaan dari SEO dan SEM? 

 

Bagi Anda pelaku bisnis di bidang digital, kalian pasti sering mendengar istilah SEO (Search Engine Optimization) dan SEM (Search Engine Marketing), meskipun keduanya memiliki pengertian yang berbeda tetapi keduanya seringkali disandingkan bersama. SEO dan SEM menjadi trik marketing baru di bidang digital saat ini, karena dapat menaikan traffic serta conversion di website Anda. Tapi tahukah Anda pengertian dan perbedaan dari SEO dan SEM? 
SEO merupakan singkatan dari Search Engine Optimization yang berarti proses optimasi website dengan semua aspek yang ada agar peringkat website di mesin pencarian berada di peringkat atas. Semakin tinggi peringkat website Anda di mesin pencari, maka semakin besar juga kemungkinan pelanggan potensial Anda untuk klik website Anda. Begitu juga dengan semakin tinggi jumlah pengunjung website, maka kemungkinannya akan semakin besar customer membeli produk Anda. Sebenarnya tujuan utama dari SEO adalah meningkatkan traffic ke sebuah website, untuk mencapai tujuan tersebut para pelaku SEO selalu mengacu pada aturan SEO yang selalu berubah dan tidak tertulis. Aturan SEO sering berubah karena mengikuti perubahan pada algoritma mesin pencari terkait, Anda juga dapat menggunakan On-Page SEO dan Off-Page SEO. 

Sedangkan untuk Search Engine Marketing (SEM) merupakan sebuah teknik pemasaran yang memanfaatkan mesin pencari, salah satunya cara yang bisa dilakukan adalah dengan menerapkan SEO karena SEO sendiri merupakan komponen dari SEM. Selain menggunakan SEO masih ada langkah-langkah lain yang dapat dilakukan untuk memaksimalkan SEM, yaitu dengan menggunakan penelusuran berbayar seperti pay-per-click (PPC) dan iklan seperti Google Ads. 

Perbedaan SEO dengan SEM yaitu, SEO dapat meningkatkan traffic ke website Anda sehingga dapat membuat website tersebut muncul di peringkat teratas pada halaman mesin pencari di Google. Sedangkan untuk SEM dapat menghasilkan pencarian organik maupun berbayar, sehingga SEM dapat menjangkau customer yang lebih luas. Oleh sebab itu, SEM dinilai mampu untuk menghasilkan lebih banyak traffic ke website dan lebih efektif untuk mengundang pengunjung website. 

Meskipun SEO merupakan bagian dari SEM, namun SEM bukan bagian dari SEO. Keduanya sama pentingnya untuk dijalankan dan memiliki kelemahan, jika SEO membutuhkan waktu yang cukup panjang untuk hasil. Sedangkan SEM menggunakan membutuhkan waktu yang lebih singkat tetapi teknik ini membutuhkan budget khusus untuk menjalankan iklan. Sebaiknya dijalankan kedua strategi ini agar mendapatkan hasil yang lebih efisien. 

share

let's create something
awesome together
start now