scroll icon

Tahukah Kamu Conversion Rate Merupakan Hal Yang Penting?

19-May-2021

Conversion Rate pada umumnya memiliki pengukuran yang sangat bervariasi dari satu industri ke industri lainnya, tapi tahukah kamu apa sih yang dimaksud dengan conversion rate dan mengapa conversion rate memiliki peran penting dalam toko online

Conversion Rate merupakan persentase jumlah pengunjung yang melakukan satu aktivitas tertentu dari keseluruhan jumlah pengunjung di sebuah website, atau dapat juga diartikan sebagai persentase efektivitas halaman website untuk menarik perhatian pengunjung dan melakukan sebuah tindakan. Setiap bisnis pasti memiliki tingkatan dan jenis conversion rate yang berbeda-beda, tetapi satu hal yang pasti jika conversion rate pada website kamu tinggi maka itu adalah salah satu indikasi dari strategi pemasaran dan desain website yang sukses. Conversion Rate juga berfungsi sebagai parameter bagi marketing, oleh karena itu mengoptimalkan conversion rate perlu menjadi perhatian utama pemilik bisnis. Berikut ada beberapa langkah untuk meningkatkan conversion rate:

1. Menggunakan Call-to-Action (CTA)

Call-to-Action (CTA) merupakan salah satu bagian dalam sebuah halaman website, baik dalam bentuk tombol ataupun bentuk lainnya. CTA yang berbentuk teks dianggap lebih efektif dan sukses dalam menghasilkan dampak kepada bisnis dibandingkan dengan memasang banner pada akhir halaman. Conversion Rate tidak akan optimal jika tidak menggunakan CTA, karena customer tidak dipandu secara aktif untuk melakukan sebuah tindakan. Oleh karena itu, CTA yang dikemas dengan menarik akan dapat menambah peluang terjadinya conversion rate yang semakin tinggi.

2. Menggunakan Pop Up 

Pop up yang muncul pada halaman website merupakan salah satu langkah untuk meningkatkan conversion rate suatu website, kamu dapat mengatur penampilan pop up itu sendiri baik itu jangka waktu kemunculan ataupun bentuk dari pop up itu sendiri. Untuk uji coba awal, kamu dapat menggunakan dua jenis pop up, lalu kamu dapat menilai mana yang menghasilkan lebih banyak respon dari pengunjung website. Namun yang perlu kamu ingat adalah pastikan kehadiran dari pop up tidak mengganggu kenyamanan pengunjung ketika mengeksplorasi sebuah website. 

3. Memudahkan Akses Ke Customer Service 

Meskipun website kamu telah memuat semua informasi tentang produk dan cara pembelian secara lengkap, terkadang pengunjung lebih memilih untuk bertanya langsung kepada customer service. Karena biasanya customer lebih nyaman ketika ia dapat bertanya secara langsung mengenai suatu produknya secara langsung tidak menggunakan mesin ataupun chatbot. Salah satu bentuk kemudahan akses tersebut adalah kamu dapat menambahkan tombol chat bantuan di website yang kamu miliki. 

4. Melakukan Remarketing

Pengunjung website dapat melakukan tindakan seperti melakukan pembelian ketika masuk kedalam website kamu, tetapi ada juga pengunjung website yang tidak melakukan tindakan apapun ketika berkunjung tetapi kamu tidak perlu berkecil hati karena kamu dapat melakukan teknik remarketing kepada pengunjung tersebut. Salah satu cara remarketing adalah kamu dapat menampilkan iklan di website lain, sehingga ketika pengunjung website kamu membuka website lain ia akan tetap melihat produk milik kamu walaupun ia sedang mengunjungi website yang lain. Tujuan melakukan remarketing ini adalah untuk mempertahankan keinginan untuk membeli.

share

let's create something
awesome together
start now