scroll icon

Strategi Online Marketing

28-Apr-2021

Pemasaran Online atau yang biasa dikenal dengan Online Marketing, saat ini telah banyak dimanfaatkan perusahaan sebagai langkah awal dalam membangun sebuah reputasi usaha. Dalam membangun reputasi usaha, ada beberapa strategi yang dapat kamu lakukan seperti memperhatikan cara untuk memasarkan bisnis kamu. Perlu kamu ketahui, strategy online marketing berbeda dengan advertising karena online marketing lebih fokus untuk mempromosikan nama usaha atau bisnis kamu secara halus agar dapat tidak terlihat seperti kamu sedang mengiklankan sebuah bisnis, terdapat beberapa strategy online marketing yang perlu kamu ketahui.

Fokus kepada konsumen, karena dalam sebuah bisnis konsumen harus selalu menjadi prioritas sehingga kamu dapat memahami apa saja yang konsumen inginkan. Kamu dapat bertanya kepada konsumen seputar bagaimana mereka dapat menemukan brand milikmu atau bagaimana pengalaman mereka dengan brand kamu. Menentukan buyer persona juga merupakan hal yang penting untuk bisnis kamu, karena kamu dapat memahami karakter dari customer ideal bagi bisnis yang kamu jalani. Kamu juga harus mempelajari bagaimana konsumen membuat keputusan untuk membeli produk kamu, agar kamu lebih memahami bagaimana seorang pembeli menjadi tertarik dan memutuskan untuk membeli produk yang kamu tawarkan.

Ketika kamu telah memahami pola pikir konsumen, buatlah diagram yang disebut dengan Conversion Funnel yang merupakan pengembangan dari bagian marketing tradisional. Kamu dapat menggunakan diagram model AIDA yaitu Awareness agar konsumen menyadari dan mengetahui keberadaan sebuah produk atau layanan, interest agar konsumen menunjukkan ketertarikan kepada sebuah produk atau layanan, Desire agar konsumen mulai memiliki keinginan untuk membeli sebuah produk atau jasa yang tersedia, dan yang terakhir adalah Action agar konsumen mengambil langkah selanjutnya untuk membeli produk atau membayar jasa.

Dengan menggunakan Conversion Funnel, kamu dapat menyusun strategy online marketing untuk bisnis kamu menajdi lebih matang dan lebih baik lagi, agar marketing-nya tepat sasaran. Karena online marketing harus disesuaikan dengan keinginan dan kebutuhan dari konsumen, strategi ini juga sering digunakan untuk membangun hubungan dan koneksi antara sebuah bisnis dengan konsumen mereka.  

share

let's create something
awesome together
start now