scroll icon

Podcast Menjadi Strategi Marketing Yang Baru

06-May-2021

Sejak tahun 2018 podcast kembali menjadi salah satu platform yang digemari oleh banyak orang, karena podcast dapat didengarkan secara fleksibel seperti ketika kamu berangkat atau pulang kerja, saat bosan ataupun saat sebelum tidur. Bahkan saat ini podcast tidak hanya didengarkan untuk kesenangan semata tetapi juga sudah menjadi salah satu marketing trends bersama dengan Artificial Intelligence (AI), video marketing dan influencer. Tapi tahukah kamu apa itu podcast

Podcast merupakan hasil rekaman audio yang dapat didengarkan oleh khalayak ramai atau luas, sesuai dengan keinginanmu. Podcast berbeda dengan radio, jika radio ditayangkan langsung dengan menggunakan frekuensi tertentu maka podcast dapat kamu dengarkan kapanpun dan dimanapun melalui internet. Selain dapat didengarkan kapanpun dan dimanapun, kamu juga dapat memilih sendiri tayangan audio apa yang ingin kamu dengarkan, seperti topik ringan tentang kegiatan sehari-hari, musik, diskusi dan juga tentang pendidikan. 

Pendengar podcast memang belum sebanyak radio ataupun sebanyak pembaca artikel, tetapi pendengar podcast setiap hari nya semakin bertambah. Bahkan saat ini sudah banyak podcast yang bekerja sama dengan sebuah brand untuk mengiklankan produk mereka yang dibagikan secara audio, seperti contohnya Podcast Rapot yang bekerja sama dengan Asuransi BCA Life untuk mengiklankan apa saja keuntungan ketika menggunakan asuransi tersebut. 

Podcast dapat kamu bagikan ke platform media digital, seperti kamu membagikan potongan dari tayangan podcast di media sosial agar kamu dapat menjangkau audience yang lebih banyak. Tetapi ketika kamu ingin membangun brand image bisnismu dengan menggunakan podcast, lebih baik kamu patenkan terlebih dahulu brand yang kamu miliki dengan menggunakan website. Ketika kamu memiliki website, tidak hanya untuk mematenkan brand tetapi dapat meningkatkan kredibilitas brand-mu.

share

let's create something
awesome together
start now