scroll icon

Perbedaan Google Shopping dan Google Ads

09-Nov-2021

Saat mempromosikan bisnis secara online, ada beberapa strategi digital marketing yang biasa dilakukan, salah satunya dengan menggunakan Google Shopping Ads dan Google Ads. Anda dapat memilih menggunakan Google Shopping Ads dan Google Ads yang sesuai dengan produk atau jasa yang ditawarkan, namun tahukah Anda apa saja perbedaan dari keduanya? 

Google Shopping Ads merupakan layanan yang berbayar Google yang menyediakan berbagai produk dari para pelaku bisnis. Google Shopping Ads sendiri memberikan kemudahan dan kenyamanan kepada para konsumen dengan cara menyediakan berbagai pilihan produk terbaik dan harga yang sangat bervariasi, ketika Anda melakukan pencarian di Google, produk yang dijual dengan menggunakan Google Shopping Ads, akan muncul dengan label “Sponsored atau Bersponsor” pada mesin penelusuran Google. Selain itu, dengan menggunakan Google Shopping Ads, Anda dapat menentukan budget iklan sesuai dengan kebutuhan dan layanan iklan pada Google Shopping menggunakan sistem pembayaran CPC atau Cost per Click. Konten untuk Google Shopping Ads menggunakan konten gambar dan teks, karena iklan kamu akan dilengkapi dengan produk yang kamu tawarkan. 

Sedangkan Google Ads merupakan media iklan Google yang memungkinkan Anda untuk menampilkan iklan berbayar pada mesin pencarian Google. Jika Google Shopping Ads lebih banyak digunakan untuk menawarkan berbagai produk, Google Ads dapat digunakan untuk  mempromosikan produk dan jasa yang Anda tawarkan. Hasil pencarian produk Anda juga akan diberikan label iklan pada hasil penelusuran Google, yaitu “Ads atau iklan”. Biaya yang diperlukan jika ingin menggunakan Google Ads tergantung pada kata kunci yang Anda gunakan, semakin tinggi permintaan sebuah kata kunci maka biaya untuk menggunakan kata kunci tersebut juga lebih mahal. Untuk konten digunakan pada Google Ads, iklan hanya akan menampilkan informasi bisnis, sehingga Anda hanya membutuhkan konten teks. 

Apakah bisnis Anda harus menggunakan Google Shopping Ads atau Google Ads, itu tergantung dari jenis produk atau jasa yang Anda tawarkan. Jika Anda menawarkan sebuah produk, alangkah lebih baiknya Anda menggunakan Google Shopping Ads, tetapi jika bisnis Anda menawarkan jasa tertentu, Anda dapat menggunakan Google Ads untuk mempromosikannya. 

share

let's create something
awesome together
start now