scroll icon

Pentingnya Sosial Media Untuk Bisnis

26-Dec-2019

Meningkatnya pengguna internet di Indonesia menyebabkan banyak bisnis yang mulai menggunakan website ataupun mobile apps agar bisnis mereka dapat beradaptasi dengan perkembangan teknologi yang begitu cepat. Dengan semakin berkembangnya teknologi sosial media menjadi salah satu media yang paling sering digunakan oleh masyarakat Indonesia seperti Instagram dan Facebook, rata-rata penduduk Indonesia menghabiskan waktu hampir 4 jam dalam sehari untuk bermain sosial media dengan segala tujuannya seperti mencari informasi, hiburan, edukasi, dan lain sebagainya.

Penggunaan sosial media yang dilakukan oleh masyarakat Indonesia terbilang cukup lama, oleh karena itu sosial media menjadi salah satu cara bisnis untuk mempromosikan produk mereka kepada khalayak yang lebih luas lagi. Sama hal nya dengan website dan mobile apps, sosial media juga dapat berbagi informasi kepada pengunjung atau followers Anda dan Anda dapat mengarahkan customer untuk langsung menghubungi Anda dengan menggunakan link yang sudah terhubung dengan customer service Anda atau melalui Direct Message. Lalu apa keuntungan lain jika bisnis Anda menggunakan sosial media sebagai sarana promosi? Berikut adalah beberapa keuntungan bisnis memiliki sosial media:

  1. Dapat dengan mudah mengetahui informasi customer Anda

Sosial media memiliki media pendukung yang dapat mempermudah pemilik bisnis untuk mengetahui informasi lengkap mengenai customer nya, seperti Bahasa apa yang digunakan oleh customer, jenis kelamin, bahkan hingga rentang usia customer.

  1. Membantu Anda menargetkan konsumen lebih efektif

Selain memiliki media pendukung untuk mengetahui informasi lengkap mengenai customer, Sosial media juga memiliki perangkat pendukung yang dapat membantu bisnis Anda menjadi lebih fokus dalam menyajikan informasi sesuai dengan konsumen Anda seperti Anda dapat mengaktifkan location di fitur sosial media bisnis Anda sehingga orang-orang yang berada di sekitar lokasi bisnis Anda akan melihat iklan dari bisnis Anda. Selain itu Anda juga dapat menggunakan hastag yang sesuai dengan bisnis Anda, contoh jika Mila berjualan baju murah maka ia akan menggunakan hastag seperti “#jualbajumurah” atau “#bajumurah” sehingga ketika konsumen mengetik hastag tersebut di Instagram ataupun sosial media lainnya, toko Mila akan muncul menjadi salah satu referensi toko baju murah bagi konsumen.

  1. Memperluas pasar bisnis Anda

Sama hal nya dengan website, Sosial media juga dapat memperluas pasar bisnis Anda karena Anda dapat mengatur seberapa besar jarak Anda ingin mempromosikan bisnis Anda. Contoh, Mila membuka toko baju online dan menargetkan pasarnya hanya untuk daerah JABODETABEK maka ketika Mila membuat sosial media untuk bisnis nya ia akan menuliskan atau memilih Kawasan JABODETABEK untuk ia memasarkan produk bisnisnya dan dengan begitu orang-orang yang tinggal di daerah JABODETABEK dan menggunakan sosial media akan dapat melihat toko baju Mila serta informasi yang diberikan Mila untuk customer nya. Selain itu seperti yang telah dibahas dinomor 2, dengan menggunakan hastag Anda juga dapat memperluas pasar bisnis Anda karena semua orang bisa mengakses hastag tersebut sehingga konsumen Anda juga bisa tidak terbatas dari pulau manapun.

Penggunaan sosial media yang tinggi dikalangan masyarakat Indonesia harus dapat dimanfaatkan dengan baik karena berkembangnya penggunaan sosial media membantu bisnis untuk berkembang hingga keseluruh Indonesia, namun harus diingat konten yang dibuat harus menarik dan berkualitas sehingga konsumen senang untuk melihat toko online Anda. Jika dilakukan dengan tepat dan efektif maka hasil yang didapat juga akan sangat sesuai.

share

let's create something
awesome together
start now