scroll icon

Pentingnya STP (Segmenting, Targeting, dan Position) Untuk Bisnis

14-Jul-2021

Sebelum melakukan strategi pemasaran untuk bisnis kamu, sebaiknya kamu melakukan analisis perusahaan terlebih dahulu. Menggunakan analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, Threat) dapat menunjukkan gambaran secara umum tentang bisnis atau perusahaan kamu. Setelah menyusun analisis SWOT, kamu dapat menjalankan langkah selanjutnya yaitu menyusun dan merumuskan strategi pemasaran STP. Strategi STP merupakan proses mengkategorikan atau membidik pasar yang diinginkan, setelah itu memposisikan pemasaran bisnis dibandingkan pesaing. 

Memiliki strategi marketing yang baik menjadi salah satu elemen yang sangat diperlukan saat menjalankan bisnis, banyak jenis strategi marketing yang dapat digunakan untuk meningkatkan efektivitas pemasaran bisnismu, salah satunya adalah STP (Segmenting, Targeting dan Positioning). STP merupakan salah satu strategi pemasaran untuk menentukan di area manakah sebuah bisnis akan dioperasikan, melakukan strategi STP dapat menjadi langkah tepat untuk membangun brand image, kredibilitas bisnis, serta menentukan marketing plan yang cocok kamu jalankan pada bisnis kamu. 

Strategi STP difokuskan pada pendekatan target audience atau target pasar, bukan hanya produk saja. Langkah  pertama adalah Segmenting atau segmentasi pasar yang dapat kamu gunakan sebagai tolak ukur segmenting seperti Demografis, Geografis, Psikografis, dan perilaku, keempat kategori segmentasi produk ini dapat dijadikan pedoman ketika menentukan segmentasi pasar untuk bisnis. Langkah kedua adalah Targeting, analisis penempatan target mengharuskan kamu untuk menentukan salah satu hasil segmenting dengan kualitas yang paling sesuai seperti profitabilitas, growth, dan kemudahan akses. Langkah yang terakhir adalah Positioning, cara untuk menempatkan iklan atau promosi produk di segmen yang telah dipilih sesuai dengan target yang telah disusun, pada langkah positioning kamu perlu memperhatikan beberapa tips untuk target audience kamu. Tips pertama adalah berikan penawaran solusi, temukan Unique Selling Point (USP), tips yang terakhir susun campaign yang disukai oleh target pasar. 

Walaupun strategi pemasaran merupakan hal yang penting untuk menunjang kelangsungan bisnis kamu, namun jangan pernah lupakan untuk selalu berusaha memberikan kualitas terbaik ketika menyiapkan bisnismu. Dengan menggunakan strategi marketing STP, diharapkan dapat membantu mengurangi hambatan pada bisnis kamu selama pandemi COVID-19 saat ini sehingga kamu tetap dapat menghasilkan laba dan profit

share

let's create something
awesome together
start now