scroll icon

Pentingnya Menentukan Market Segmentation Untuk Bisnis

12-Mar-2021

Salah satu keberhasilan sebuah bisnis yang paling utama adalah market segmentation atau yang biasa disebut dengan segmentasi pasar. Dalam dunia sebuah bisnis, market segmentation merupakan sebuah strategi yang tidak dapat terlepaskan. Ketika kamu mengetahui segmentasi pasar maka akan membuat produk kamu menjadi lebih mudah dikenal, karena telah mengelompokkan konsumen sesuai dengan produk yang ditawarkan. Segmentasi itu sendiri biasanya terbagi menjadi 3 tipe segmentasi, segmentasi berdasarkan lokasi, waktu, maupun segmentasi yang didasarkan pada segi harga. 

  • Segmentasi Lokasi: segmentasi ini yang paling banyak dijadikan sebagai tolok ukur dalam sebuah bisnis, alasan utamanya karena Indonesia merupakan negara yang cukup besar dari segi pengguna smartphone
  • Segmentasi Waktu: Tipe ini jarang digunakan oleh beberapa orang, meski segmentasi tipe ini terbilang penting. Segmentasi waktu menitikberatkan pada pemasaran sebuah produk pada saat-saat tertentu. Karena waktu penjualan tidak dapat diperkirakan, waktu penjualan dapat meningkat secara drastis namun dapat juga menurun secara drastis. Sehingga market segmentation kurang begitu diminati. 
  • Segmentasi Harga: Tipe lain yang dapat dijadikan tolok ukur adalah segmentasi harga, adanya segmentasi harga dapat membuat Anda melihat calon konsumen. Dari aspek demografi ini Anda dapat tahu dari mana customer kamu lebih banyak membeli produk dengan harga tertentu. 

Segmentasi pasar ini memiliki banyak manfaat dan keunggulan ketika Anda menjalankan sebuah bisnis, salah satunya dapat menambah daya saing dengan kompetitor. Anda dapat melihat siapa pesaing dari bisnis Anda, sehingga Anda dapat mengetahui letak peluang pasar di pasar para pesaing. Selain itu, yang menggunakan tools yang tepat dapat membuat produk bisnis dijual dengan target market yang sesuai dengan bisnis Anda.

share

let's create something
awesome together
start now