scroll icon

Pentingkan SEO pada E-Commerce?

29-Oct-2021

Perkembangan pesat yang terjadi pada dunia e-commerce, sebelumnya e-commerce dikuasai oleh nama-nama besar seperti Amazon dan juga eBay. Namun saat ini hampir seluruh bisnis memiliki website e-commerce sendiri. Sayangnya untuk website e-commerce, masih banyak yang belum memperhatikan SEO pada website e-commerce nya. Apa saja langkah-langkah yang diperlukan untuk SEO E-Commerce

Riset Keywords 

Sama hal yang dengan strategi SEO pada umumnya, SEO untuk E-commerce juga harus dimulai melalui riset keyword. Tentu ada sedikit perbedaan dalam proses riset keyword untuk website dan E-commerce website, untuk keyword website disarankan fokus dengan keyword yang bersifat memberikan informasi sementara untuk SEO E-commerce disarankan keyword yang sesuai dengan produk-produk Anda. Menentukan keyword yang tepat untuk E-commerce Anda, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan:

  1. Search Volume 

Merupakan metric yang penting dalam mengevaluasi suatu kata kunci, jika tidak banyak yang menggunakan keyword Anda, maka kata kunci tersebut menjadi percuma. Anda dapat menggunakan Google Keyword Planner untuk melihat keyword mana yang dianggap high volume dan low volume oleh industri Anda. 

  1. Keyword-product fit 

Pastikan keyword yang Anda pilih sesuai dengan produk yang Anda jual, walaupun keyword yang berhubungan langsung dengan produk Anda mendapat search volume lebih rendah tetapi hal itu akan lebih membantu bisnis Anda dalam jangka panjang.

  1. Commercial intent 

Untuk melihat commercial intent, Anda dapat menggunakan Google Keyword Planner dan masukkan keyword Anda pada kolom “Competition”. “Competition” merupakan salah satu cara untuk melihat keyword apa yang akan membuat orang membeli produk dari website Anda, tetapi ada lain yang dapat membantu Anda seperti ‘Suggested Bid’. 

  1. Competition 

Terdapat dua cara untuk mengukur tingkat competition keyword untuk SEO pada E-commerce. Yang pertama, Anda dapat menggunakan fitur Keyword Difficulty di SEMRush, fitur ini memberikan gambaran kepada Anda betapa kompetitifnya sebuah keyword. Yang kedua, menargetkan keyword dan optimasi halaman website Anda, hal tersebut dapat dilakukan dengan melihat halaman pertama google dan melihat pada 10 hasil pencarian pertama sudah dioptimasi sesuai dengan keyword atau tidak. 

SEO menjadi prioritas dalam menyusun website E-Commerce Anda, karena 44 persen dari orang-orang yang melakukan belanja online selalu memulai proses pembelian dengan mencari produk menggunakan search engine. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk memperhatikan SEO pada E-commerce Anda agar website Anda selalu muncul di halaman hasil search engine. 

share

let's create something
awesome together
start now