scroll icon

Pay-Per-Click Marketing untuk bisnis

05-Aug-2021

Jika kamu pernah melihat tulisan ads atau iklan pada hasil pencarian paling atas di mesin pencarian Google, itu merupakan salah satu dari berbagai jenis digital marketing yang biasa disebut sebagai Pay-Per-Click Marketing atau PPC. Pay-Per-Click (PPC) merupakan jenis digital marketing dimana sebuah bisnis membayar setiap kali iklan mereka diklik, PPC memiliki sistem kerja yang dapat digambarkan dengan kunjungan ke website kamu dan tidak termasuk kedalam traffic website yang didapat secara organic

PPC sendiri memiliki beberapa jenis iklan yang sering digunakan oleh pelaku usaha, seperti Search Advertising yang biasanya akan muncul di halaman hasil pencarian google dan memiliki logo “Ad” kecil didepannya. Social Advertising juga merupakan bagian dari PPC, kamu mungkin pernah melihat ketika kamu scroll feed instagram atau facebook terdapat konten yang bertuliskan “Sponsored” pada bagian bawah username. Jenis PPC lainnya adalah Remarketing, mungkin kamu pernah mengunjungi suatu website dan kemudian kamu melihat iklan mereka muncul di website lainnya atau bahkan di social media kamu, nah itu merupakan strategi remarketing yang dianggap paling efektif untuk menargetkan orang-orang yang sudah tertarik dengan brand kamu. Untuk kamu yang menjalan bisnis dibidang e-commerce, jenis PPC yang cocok kamu gunakan adalah Google Shopping. Mungkin kamu pernah melihat kotak-kotak ketika kamu mencari barang di google, kemudian jika kamu klik salah satu kotak tersebut maka akan mengarah pada halaman produk website e-commerce kamu. 

Meskipun kamu tidak melakukan PPC, kamu akan tetap mendapatkan traffic secara organic dan tanpa mengeluarkan biaya. Tetapi apakah itu cukup untuk mengembangkan website kamu? PPC sendiri memiliki beberapa alasan mengapa bisnis atau website perlu menggunakan PPC selain untuk memaksimalkan traffic pada website kamu. Berikut beberapa alasan mengapa PPC dapat membantu website kamu:  

1. Memiliki target customer yang lebih tepat

Menggunakan PPC merupakan salah satu cara yang lebih tepat untuk menargetkan audience, misalnya berdasarkan demographics, hobi dan device apa yang mereka gunakan. Kamu juga dapat melakukan retargeting untuk menarik kembali orang yang sudah pernah mengunjungi website kita. 

2. Budget yang lebih terkontrol 

Ketika memasang iklan biasanya memakan biaya yang cukup besar, tetapi dengan menggunakan PPC kamu tidak perlu khawatir karena kamu dapat mengontrol budget bulanan dan hariannya. Kamu juga dapat mengedit iklan kapan saja sesuai dengan kebutuhan kamu. 

3. Return on Investment (ROI) yang lebih besar

Salah satu alasan PPC lebih menguntungkan karena kamu hanya perlu membayar jika ada yang mengklik iklan kamu, iklan berbayar ini juga bekerja lebih efektif karena audience iklan sudah sesuai dengan kebutuhan dan keinginan dari bisnis kamu. 

4. Berpengaruh pada SEO

PPC dapat membantu SEO website kamu jika dilakukan secara bersamaan, karena algoritma SEO yang selalu berubah-ubah karena Google yang sering melakukan update untuk algoritma SEO menyebabkan SEO website tidak dapat berjalan dengan baik. Oleh sebab itu, PPC juga dapat menjadi alat riset untuk mencari keyword mana yang dapat menghasilkan pengunjung website paling banyak. 

 

Pay-Per-Click menjadi salah satu strategi marketing yang efektif untuk membantu penjualan, brand awareness, sampai dengan SEO. Jadi tidak ada salahnya kamu mencoba melakukan strategi Pay-Per-click Marketing sebagai salah satu usaha digital marketing kamu. 



share

let's create something
awesome together
start now