scroll icon

Mobile Internet Transforming Southeast Asia

04-Dec-2019

Pertumbuhan ekonomi di Asia Tenggara menurut “Google & Temasek / Bain, e-Conomy SEA 2019” mencapai 5% per tahun dalam lima tahun terakhir, pencapaian tersebut telah melampaui rata-rata pertumbuhan global sekitar 2% selama satu dekade terakhir. Hal tersebut menunjukkan bahwa wilayah di Asia Tenggara mulai berkembang pesat dan dalam perjalanan untuk menjadi lima besar ekonomi utama pada tahun 2030.
Saat ini Asia Tenggara memiliki pertumbuhan ekonomi yang paling cepat karena pertumbuhan masyarakat menggunakan internet sudah berkembang pesat. Satu dekade yang lalu, hampir empat dari lima orang Asia Tenggara tidak memiliki konektivitas internet namun saat ini masyarakat Asia Tenggara adalah pengguna internet terbanyak di dunia. Pengguna internet di Asia Tenggara terus bertambah setiap tahun nya, saat ini pengguna internet 100 juta lebih besar dibandingkan dengan tahun 2015.
Pertumbuhan pengguna internet merupakan pengguna baru yang berusia 15 hingga 19 tahun, mereka yang akan memasuki usia dewasa secara alami mereka akan menjadi bagian dari ekonomi digital yang semakin memicu perkembangan internet. Usia muda di Asia Tenggara dapat dikatakan “usia ponsel”, karena mereka tumbuh dengan perkembangan internet yang sedang berkembang pesat sehingga memungkinkan mereka menggunakan internet lebih banyak dibandingkan dengan orang dewasa yang baru mengenal internet. Kegiatan masyarakat muda di Asia Tenggara menggunakan internet untuk mereka berkomunikasi dengan orang-orang disekelilingnya, menghibur diri mereka dengan games, video, musik hingga menemukan informasi dengan menggunakan ponsel setiap harinya.
Menurut penelitian digital 2019 oleh We Are Social dan Hootshuite, pengguna internet di Thailand menghabiskan lima jam 13 menit menggunakan internet per hari, sedangkan untuk Indonesia, Filipina dan Malaysia pengguna internet menghabiskan waktu kurang lebih empat jam sehari. Negara di Asia Tenggara ini berada diantaranya 10 negara teratas di dunia dengan penggunaan internet tertinggi setiap harinya. Hal ini menjelaskan bahwa wilayah Asia Tenggara merupakan wilayah yang paling banyak menghabiskan waktu menggunakan internet dibandingkan dengan negara-negara lainnya.
Munculnya internet seluler mengubah hidup jutaan orang Asia Tenggara menjadi lebih produktif karena dengan menggunakan internet seluler orang menjadi lebih mudah untuk mendapatkan informasi serta layanan yang mereka inginkan. Masyarakat mengaku menggunakan internet seluler seperti youtube untuk mengetahui ulasan produk yang mereka sedang cari, dan di Thailand satu dari tiga millennium menggunakan platform youtube untuk mendidik diri mereka sendiri serta empat dari 10 ibu menggunakan platform youtube untuk belajar bagaimana melakukan sesuatu.

share

let's create something
awesome together
start now