scroll icon

Meningkatkan Daya Saing Indonesia Dengan Melalui Teknologi 4.0

27-May-2021

Saat ini sama hal nya dengan negara-negara yang ada di seluruh dunia, Indonesia juga tengah bersiap untuk memasuki fase industri 4.0. Ide dasar dari industri 4.0 adalah dengan memanfaatkan kemajuan teknologi dan pertukaran informasi yang cepat, yang menjadi kunci dari implementasi industri 4.0 adalah dengan inovasi teknologi dan penggunaan internet of things (IoT). 

Memang pada awalnya, implementasi teknologi 4.0 diperkirakan akan menemui hambatan dan proses yang panjang. Tetapi transformasi digital di Indonesia hadir menjadi lebih cepat karena adanya pengaruh dari pandemi COVID-19 yang telah terjadi sejak tahun 2020. Kehadiran industri 4.0 memiliki arti penting bagi negara Indonesia, karena selain mampu meningkatkan daya saing di kancah global dan mampu mempercepat pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Penguasaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek) merupakan sebuah keniscayaan untuk dapat menghasilkan produk yang memiliki nilai tambah dan memberikan keunggulan yang kompetitif. 

Menurut Cybertrend-intra.com, hasil riset dari IMD World Competitiveness Center menunjukkan bahwa Indonesia masih berada di peringkat ke 56 dari 63 negara mengenai masalah kesiapan teknologi dan inovasi digital. Berdasarkan data tersebut, dibutuhkan upaya yang lebih besar dari pemerintah untuk dapat membuat Indonesia mampu dan siap dalam bersaing di kancah global dalam hal teknologi digital. Menurut Kementerian Perindustrian (Kemenperin) Indonesia akan terus memacu perkembangan teknologi dan mewujudkan ekosistem yang bersinergi antara pemerintah, swasta, dan akademisi. 

Menurut Agus Gumiwang selaku Menteri Perindustrian (Menperin) Indonesia juga telah memiliki ambisi dalam menyambut industri 4.0, yakni dapat masuk sebagai 10 negara dengan ekonomi terbesar di dunia. Untuk mewujudkan hal tersebut, Kemenperin akan melakukan revitalisasi pada sektor industri.

share

let's create something
awesome together
start now