scroll icon

Menggunakan metode A/B Testing untuk meningkatkan traffic

27-Aug-2021

Proses pembandingan dua versi dari sebuah halaman website, email, iklan atau aset digital lainnya untuk menentukan versi mana yang lebih berhasil biasanya disebut sebagai A/B testing atau split testing. Proses ini lebih memudahkan Anda untuk menentukan langkah-langkah untuk bisnis selanjutnya, meningkatkan traffic website serta untuk membangun strategi marketing berdasarkan data yang akurat. 

Pada digital marketing, A/B testing dilakukan dilakukan menayangkan konten versi A sebagai kontrol kepada 50 persen pengunjung dan konten versi B sebagai pembanding kepada 50 persen pengunjung lainnya. Dari kedua versi tersebut, salah satunya akan mendapatkan hasil yang lebih baik dan salah satu versi tersebut layak untuk digunakan untuk jangka waktu yang lebih lama. Konten yang memiliki hasil yang lebih baik akan dijadikan sebagai konten kontrol, dan versi lain akan dibuat sebagai pembanding baru untuk pengujian yang lebih lanjut. 

Dengan melakukan A/B testing Anda akan mendapatkan keuntungan yang signifikan dari melakukan pengujian adalah biaya yang rendah dengan hasil yang sangat berharga, selain itu terdapat beberapa hasil yang dapat dicapai dengan menggunakan A/b testing yaitu seperti:

1. Menambah Traffic Website 

Dengan melakukan uji coba dengan menggunakan beberapa format judul blog atau judul halaman sebuah website dapat menunjukkan iklan mana yang lebih menarik dan banyak klik.

2. Meningkatkan Conversion Rate

A/B Testing yang dilakukan pada landing page dengan menggunakan berbagai versi susunan, kombinasi warna atau text yang dapat memberikan peningkatan konversi atau penjualan.

3. Menurunkan bounce rate dan pembatalan pembelian

Anda dapat melakukan A/B testing dengan menggunakan beberapa paragraf pembuka, perhatikan font, video atau gambar sampul serta penyusunan informasi di sebuah halaman untuk meningkatkan minat pengunjung untuk membaca konten website lebih lanjut. 

A/B testing merupakan salah satu metode pengujian dengan biaya yang rendah dan memiliki hasil yang sangat berguna bagi sebuah bisnis, jika Anda ingin meningkatkan kualitas website dari segi traffic, bounce rate atau metrik lainnya anda dapat menggunakan A/B testing. A/B Testing juga sangat disarankan untuk Anda menguji keefektifan pada aset digital Anda dari segi marketing

share

let's create something
awesome together
start now