scroll icon

Mengenal Algoritma Instagram

17-Nov-2021

Algoritma Instagram adalah rumus Instagram untuk menentukan postingan mana yang hendak ditampilkan pada halaman feed pengguna Instagram ketika membuka halaman home, algoritma Instagram terus mengalami perkembangan seiring dengan berjalannya waktu sama hal nya seperti platform media sosial lainnya. Namun ada beberapa hal yang dapat mempengaruhi sebuah postingan yang ditampilkan pada feed Instagram, diantaranya seperti hubungan, ketertarikan dan ketetapan waktu. Apa saja cara kerja algoritma Instagram? Yuk kita bahas!

Berdasarkan artikel dari Whello.id, ada 6 hal yang menjadi kunci utama perhitungan algoritma Instagram

  • Ketertarikan (Interest) 

Sebagai pengguna Instagram aktif yang sering melakukan like, comment dan save pada sebuah postingan tertentu, maka algoritma Instagram akan terus menampilkan jenis atau tema yang sama pada beranda (feed) Instagram Anda. Contohnya jika Anda sering memberikan like, comment atau sering melakukan pencarian tentang fashion maka ketika Anda membuka feed Instagram akan muncul beberapa postingan dengan tema serupa. 

  • Hubungan (Relationship)

Pada algoritma Instagram juga lebih memprioritaskan postingan dari orang-orang terdekat Anda, seperti teman, keluarga atau kerabat yang Anda kenal lainnya. Apa yang dihitung sebagai relationship oleh Instagram Anda tergantung dengan konten yang Anda sukai, pengiriman Direct Message (DM) kepada seseorang atau penelusuran yang Anda cari. 

  • Ketepatan Waktu (Timeless)

Instagram akan terus mengawasi kapan seseorang menggunggah dan mencari postingan terbaru yang menarik atau yang banyak engagement nya. Seberapa lama sebuah postingan diunggah juga dapat dihitung dalam algoritma Instagram. Dengan mengetahui waktu postingan yang baik dan tepat, Anda dapat menambah potensi jangkauan feed agar lebih banyak dilihat pengguna lain. Kapan waktu yang paling tepat? Biasanya waktu yang tepat yaitu saat sedang jam istirahat atau ketika jam setelah jam kantor selesai.  

  • Frekuensi (Frequency) 

Intensitas menggunakan instagram akan mempengaruhi algoritma Instagram juga, dari kebiasaan tersebut Instagram akan mengatur postingan terbaik secara kronologis sesuai kunjungan yang terakhir dilakukan pengguna instagram. Jika Anda jarang menggunakan Instagram, maka feed yang akan disajikan hanya berdasarkan apa yang pernah disukai seseorang.  

  • Mengikuti (Following)

Jika Anda banyak mengikuti Instagram orang lain, akan berdampak pada postingan yang ditampilkan pada feed Instagram Anda. Hal tersebut dapat menyebabkan beberapa postingan akan Anda lewatkan, atau jika Anda jarang memberikan like atau comment pada feed seseorang dapat mempengaruhi perhitungan algoritma. 

  • Pemakaian (Usage)

Banyaknya penggunaan waktu yang dihabiskan untuk mengakses Instagram juga dapat mempengaruhi ketersediaan konten yang semakin sedikit, jika Anda jarang menggunakan Instagram maka akan menampilkan beberapa postingan sesuai algoritma untuk kebutuhan satu hari saja. Sehingga jika jarang membuka Instagram, maka algoritma Instagram akan menunjukkan konten hanya berdasarkan informasi dan interaksi sebelumnya.

share

let's create something
awesome together
start now