scroll icon

Marketing Automation

11-May-2021

Tahukah kamu apa yang dimaksud dengan Marketing Automation? Marketing Automation merupakan sebuah teknologi yang digunakan untuk mengelola proses marketing dan kampanye melalui berbagai media secara otomatis. Bisnis kamu juga dapat menargetkan pelanggan dengan pesan otomatis melalui email, website ataupun media sosial dengan menggunakan Marketing Automation. Pesan tersebut akan otomatis terkirim sesuai dengan workflow yang telah diatur.

Marketing Automation biasanya digunakan oleh tim marketing dan sales untuk melakukan kampanye marketing dan aktivitas sales, tujuannya untuk meningkatkan pendapatan dan memaksimalkan efisiensi. Marketing Automation merupakan alat yang yang didesain untuk mempersingkat dan menyederhanakan tugas marketing yang biasanya memakan waktu. Hal awal yang biasa dilakukan dari mengotomatisasi proses kualifikasi calon pelanggan hingga membuat digital campaign. Marketing Automation yang baik dapat membantu melakukan identifikasi audience, mendesain konten yang tepat serta melakukan marketing berdasarkan jadwal dan perilaku customer secara otomatis. 

Marketing Automation memiliki tiga komponen utama, yaitu:

  1. Engagement Hub: Komponen database dari marketing automation yang menyimpan data-data target komunikasi atau pemasaran
  2. Automation engine: Dibutuhkan untuk menghadirkan otomatisasi serangkaian proses dan kegiatan marketing secara khusus dan bisnis pada umumnya
  3. Analytics Engine: Setelah otomatisasi dari serangkaian proses dan kegiatan dilakukan, perlu dilakukan pengukuran performa dari otomatisasi, maka dari itu penting sekali untuk mengulas kembali performa yang sudah dilakukan

Ketika kamu melakukan strategi marketing secara otomatis, kamu dapat menghemat waktu sehingga dapat meningkatkan pendapatan dan ROI (Return of Investment) serta fokus mengembangkan bisnis sesuai dengan audience yang tepat sasaran.

share

let's create something
awesome together
start now