scroll icon

Manfaat Marketing Campaign

03-Mar-2021

Sebagai seorang marketer memiliki sebuah program merupakan salah satu yang paling penting karena dapat menarik customer yang sesuai dengan target brand kamu, selain itu pesan yang ingin disampaikan dari program ini juga akan lebih terstruktur sehingga dapat akan lebih mudah untuk mencapai target kamu. Dengan melakukan marketing campaign atau kampanye pemasaran dapat membantu kamu untuk melakukan pendekatan dengan customer atau calon pelanggan, karena marketing campaign itu sendiri merupakan proses perencanaan, pelaksanaan, pengukuran dan peningkatan beberapa nilai bagi produk yang akan kamu pasarkan. 

Marketing Campaign akan selalu melibatkan sebuah perencanaan dan pengambilan keputusan dalam keadaan sadar, oleh karena itu ketika kamu bertindak sebagai seorang marketer kamu juga harus dapat menyesuaikan situasi atau peluang yang tidak terduga. Terdapat dua tipe marketing campaign yang dapat kamu gunakan, yaitu online campaign (email, media sosial, website) dan print campaign (banner, flyer, brosur). Selain untuk mencapai target AIDA (Attention, Interest, Desire, dan Action), marketing campaign juga memiliki beberapa manfaat untuk bisnis kamu seperti:

  • Brand: Hal utama yang paling penting dan dibutuhkan ketika kamu ingin menciptakan citra produk yang akan kamu pasarkan, campaign harus dilakukan untuk menciptakan brand awareness dan recognition agar dapat berlanjut menjadi brand loyalty. 
  • Leads: Setelah brand kamu sudah dikenal oleh customer dan menghasilkan peningkatan jumlah pengunjung, kamu harus menunggu customer untuk melihat-lihat produk apa yang kamu tawarkan. Customer yang berniat melakukan pembelian lah yang disebut sebagai leads.
  • Sales : Dari Leads yang sudah kamu dapatkan untuk produk kamu, beberapa dari customer tersebut akan melakukan pembelian produk, dengan menggunakan marketing campaign baik angka leads maupun sales dapat mengalami peningkatan. 
  • Loyalty: Ketika produk kamu sudah berhasil untuk memenuhi permintaan customer, artinya customer sudah mengetahui kualitas layanan maupun produk kamu. Saat ini yang harus diperhatikan adalah mencari cara untuk mempertahankan customer agar dapat melakukan pembelian kedua, ketiga dan seterusnya. 

Hal lain yang dapat kamu lakukan adalah melakukan analisis kompetitor agar dapat mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangan dari brand atau produk yang kamu miliki. Selain itu, jika kamu sudah memutuskan untuk melakukan campaign secara online seperti menggunakan email, media sosial atau website yang harus kamu perhatikan adalah risiko dan budget yang harus dikeluarkan. Jika kamu menggunakan website pastikan website yang kamu gunakan aman dan tidak error ketika customer atau calon pelanggan mengunjungi website kamu.

share

let's create something
awesome together
start now