scroll icon

Manfaat Customer Journey Bagi Bisnis Kamu

01-Jul-2021

Suatu bisnis yang mampu menciptakan produk dan alur transaksi sesuai dengan kebutuhan konsumen dianggap sudah sukses dibidangnya. Hal tersebut disebut sebagai Customer Journey atau perjalanan konsumen, Customer Journey adalah sebuah elemen kunci dalam menentukan kesuksesan bisnis. Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah “Pelanggan adalah raja”, untuk sebuah bisnis memberikan pengalaman terbaik bagi pelanggan merupakan hal utama yang harus dipenuhi. Customer Journey merupakan perjalanan konsumen saat berinteraksi dengan sebuah brand, bagaimana customer pertama kali menemukan brand-mu, melihat produk atau layanan yang ditawarkan, selanjutnya memutuskan untuk membeli hingga berhasil melakukan transaksi. Ketika customer telah memutuskan untuk menggunakan sebuah produk atau layanan, ada proses panjang yang dilalui sebelumnya, proses tersebut merupakan sebuah perjalanan yang kompleks mulai dari momen sebelum hingga sesudah bertransaksi. 

Customer Journey memiliki berbagai tahapan, dan setiap tahap pelanggan akan mengalami perubahan pola pikir dalam pengambilan keputusan. Berdasarkan data dari SurveySensum, terdapat lima tahapan dalam customer journey. Tahap pertama, Awareness merupakan tahap pelanggan akan mencari informasi mengenai produk, sehingga penting bagi bisnis untuk bisa membangun hubungan yang baik dengan pelanggan pada tahap awal dengan menampilkan citra dan pelayanan yang bagus. Tahap kedua, Interest merupakan pelanggan akan mulai membandingkan produk dengan lainnya yang ada dipasaran, di tahap ini customer akan mulai membandingkan harga, membaca ulasan dan mencari tahu lebih dalam tentang produk itu. Tahap ketiga, Decision biasanya customer membutuhkan dorongan yang meyakinkan mereka untuk melakukan pembelian, customer mungkin masih membutuhkan jaminan bahwa produk yang mereka pilih adalah yang terbaik di antara yang lain. Retention, pada tahap keempat ini merupakan bagaimana cara mempertahankan pelanggan yang sudah ada sama pentingnya seperti mencari pelanggan baru, oleh karena itu customer retention adalah hal yang harus diperhatikan sebagai pemilik bisnis. Tahap yang terakhir adalah Advocacy, tahap ini pelanggan bisa dibilang jadi lebih dari sekedar pelanggan, customer menjadi pelanggan yang loyal dan bahkan bisa mendatangkan pelanggan baru ke bisnismu, mereka membuktikan loyalitas terhadap brand dengan menjadi agen Word of Mouth. 

Di era teknologi saat ini, orang akan lebih mudah untuk membangun sebuah bisnis, pada saat ini konsumen dihadapkan pada berbagai pilihan yang membuat mereka perlu mempertimbangkan mana yang terbaik untuk diambil. Sebagai seorang pebisnis, kamu harus memahami pelanggan dengan cara mengetahui pengalaman mereka tentang brand/produk-mu. Hal itulah yang disebut Customer Journey Map (CJM). Customer Journey Map (CJM) merupakan langkah-langkah yang dialami konsumen dalam berinteraksi dengan sebuah brand, CJM menggambarkan pengalaman pelanggan ketika terlibat dengan produk-mu, baik itu dalam proses pembelian, pelayanan yang diterima dan yang lainnya. 

Customer Journey Map memiliki manfaat yang sangat penting bagi pemilik bisnis karena dapat mengidentifikasi peluang untuk meningkatkan penjualan. Customer Journey Map dapat membantu kamu untuk lebih memahami pelanggan kamu mulai dari pola pikir hingga emosi pelanggan pada setiap touchpoint nya, sehingga kamu dapat memaksimalkan layanan dan fitur produk kamu untuk memuaskan pelanggan. Manfaat lainnya adalah dapat membentuk loyalitas pelanggan yang didapat melalui experience yang baik dari brand, ketika loyalitas sudah terbentuk diharapkan pelanggan tetap konsisten untuk melakukan pembelian.

Selain itu, dengan menggunakan Customer Journey Map dapat membantu kamu untuk mengetahui kekurangan pada layanan, apa yang membuat pelanggan sulit untuk membeli produk bisnis kamu. Dengan penerapan Customer Journey Map akan memberikan banyak manfaat bagi kelangsungan bisnis baik untuk penjual maupun pembeli, mengetahui perjalanan konsumen kamu dapat membantu kamu untuk merancang experience yang lebih baik untuk pelanggan.  

share

let's create something
awesome together
start now