scroll icon

Giveaway menjadi strategi marketing yang efektif untuk bisnis

22-Dec-2021

Kegiatan giveaway sudah sering dilakukan oleh banyak brand, kreator, atau kolaborasi antar keduanya, namun tahukah Anda apa yang dimaksud dengan giveaway dan apakah giveaway bisa menjadi strategi promosi brand yang efektif? 

Giveaway merupakan suatu kegiatan yang memberikan hadiah kepada konsumen, kegiatan ini biasanya diadakan oleh brand atau perusahaan. Brand tidak serta merta memberikan hadiah kepada konsumennya, biasanya ada beberapa syarat yang harus dilakukan oleh konsumen seperti like, comment, follow dan yang lainnya. Dari syarat tersebut brand akan mendapatkan keuntungan berupa bertambahnya jumlah followers, meningkatnya awareness dan memperluas jangkauan pasar. Jika Anda ingin membuat strategi marketing dengan menggunakan giveaway, perhatikan beberapa tips berikut: 

1. Tentukan hasil yang ingin dicapai

Langkah pertama ketika Anda ingin menggunakan strategi giveaway adalah Anda harus menentukan tujuan yang ingin dicapai, agar dapat membantu Anda untuk mengukur efisiensinya. Contoh tujuan giveaway biasanya berupa meningkatkan followers, meningkatkan brand awareness, meningkatkan traffic website, mendapatkan User generated content secara organik serta meningkatkan penjualan produk. 

2. Membuat aturan dan ketentuan giveaway

Tahap kedua, setelah menentukan tujuan giveaway, Anda harus menentukan persyaratan yang dapat membantu Anda mencapai tujuan tersebut. Beberapa contoh aturan yang biasa digunakan untuk giveaway adalah like dan comment pada postingan, tag 3 orang teman, repost informasi giveaway di stories media sosial, dan account yang tidak di private. Sertakan juga informasi yang lengkap mengenai tanggal pembukaan dan penutupan giveaway, serta kapan pengumuman pemenangnya.

3. Pilih hadiah yang sesuai

Produk yang akan dijadikan sebagai hadiah harus menarik perhatian konsumen, agar semakin banyak yang tertarik untuk mengikuti giveaway Anda. Hadiah yang digunakan pada giveaway biasanya berupa produk, uang, voucher atau barang yang bernilai. 

4. Gunakan hashtag yang menarik 

Sebenarnya hashtag tidak harus selalu digunakan ketika melakukan giveaway, hanya saja penggunaan hashtag dapat bermanfaat untuk meramaikan campaign yang sedang Anda jalankan. Selain menjadi syarat untuk giveaway, hashtag juga biasanya digunakan agar informasi yang tersebar menjadi lebih luas. 

Setelah campaign selesai dilakukan dan Anda sudah mendapatkan pemenang, Anda dapat melihat apakah campaign berjalan sukses atau tidak sesuai dengan tujuan yang sudah tentukan.

share

let's create something
awesome together
start now