scroll icon

Facebook Pixel

18-Aug-2021

Facebook Pixel merupakan salah satu fitur tambahan yang dimiliki oleh facebook ads dan telah resmi dirilis pada tahun 2015. Meskipun memiliki kegunaan yang sama sebagai alat untuk mengecek aktivitas iklan yang ditayangkan, namun tools ini memiliki beberapa perbedaan. Jika Facebook Ads merupakan iklan yang sengaja ditampilkan di facebook dan anak perusahaannya, Facebook Pixel memiliki fungsi sebagai plugin untuk sebuah website bisnis. 

Facebook Pixel lebih mudah dipahami sebagai plugin yang bertugas seperti CCTV, dengan artian memperhatikan kunjungan pengguna internet di website. Yang diperhatikan oleh Facebook Pixel seperti jumlah kunjungan per hari, waktu kunjungan dan laporan yang tersedia dalam bentuk grafik sehingga dapat memudahkan untuk melakukan analisis terhadap website. Selain itu Facebook Pixel memiliki beberapa fungsi lainnya, seperti 

1. Melakukan Retargeting 

Facebook Pixel dapat membantu Anda untuk mengetahui grafik peristiwa yang terjadi pada website Anda seperti orang yang hampir melakukan pembelian atau belum melakukan check out, mereka yang sudah mendaftarkan akun dan newsletter dari website. Sehingga dapat membantu Anda untuk mendapatkan perhatian dari calon pelanggan serta dapat meraih lebih banyak awareness.

2. Menemukan Audience sejenis

Audience sejenis atau Lookalike Audience merupakan salah satu cara facebook membantu anda untuk menemukan target audience yang sesuai dengan behavior dan interest dari target Anda. Semakin besar cakupan target audience maka akan semakin besar pula jumlah audience baru yang menjadi calon customer.

3. Mengoptimalkan nilai dari Facebook Ads

Selain menggunakan Facebook Ads untuk mengiklankan produk, ada baiknya Anda juga menggunakan website agar hasil pemasaran menjadi lebih optimal. Setelah mengunggah beberapa artikel yang relevan dengan audience Anda di website, Anda dapat melihat kemajuan traffic website Anda menggunakan Facebook Pixel. Tetapi harus diperhatikan juga mengenai kecepatan website Anda.   

4. Melakukan konversi secara spesifik

Salah satu fungsi dari Facebook Pixel adalah menyediakan optimasi conversion rate dengan lebih spesifik sehingga dapat menghitung cost per lead atau cost per landing view dengan mengumpulkan informasi dari interaksi pengunjung terhadap website Anda, seperti pendaftaran akun baru, berlangganan email atau hasil dari pencarian lead magnet. 

Facebook Pixel merupakan salah satu tools yang dapat membantu Anda menjadi lebih mudah ketika ingin mengumpulkan data tentang bisnis Anda, semakin banyak informasi yang masuk ke halaman Facebook Pixel maka akan semakin mudah untuk menentukan target market Anda sesuai dengan keinginan Anda.



share

let's create something
awesome together
start now