scroll icon

Ekonomi Digital Indonesia

18-Nov-2019

Masuknya era industri 4.0 menyebabkan banyak masyarakat yang menggunakan internet untuk memenuhi kebutuhan mereka, perubahan yang terjadi dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari masyarakat menyebabkan bidang ekonomi ikut berubah kearah digitalisasi. Munculnya ekonomi digital memberikan banyak keuntungan untuk para pengusaha seperti penurunan cost production, selain itu karena banyaknya yang memanfaatkan internet untuk memenuhi kebutuhan mereka maka keberadaan perdagangan online semakin meningkat dan menjadi favorit masyarakat.

Menurut penelitian McKinsey (2018), Perdagangan online memiliki dampak di empat era. Pertama finansial benefits, yaitu memberikan manfaat yang dahsyat bagi perekonomian suatu bangsa. Kedua job creation, diperkirakan pada tahun 2022 akan muncul 26 juta pekerjaan baru akibat dari ekonomi digital dimana UMKM berkembang dengan cepat. Ketiga buyer benefits, harga product akan jauh lebih murah dibandingkan jika beli di offline store. Keempat social equality, ekonomi digital menyebabkan kesetaraan gender dan pemerataan pertumbuhan dan masalah sosial lainnya.

Ekonomi digital di Indonesia memiliki prospek yang sangat menjanjikan jika dikelola dengan baik karena pertumbuhannya melebihi pertumbuhan ekonomi Indonesia. Pertumbuhan ekonomi Indonesia hanya mencapai 5,1% sedangkan pertumbuhan ekonomi digital terbukti mampu memberikan kontribusi yang signifikan pada tahun 2017 mencapai 7,3%, salah satu pilar dari ekonomi digital yang sangat berpengaruh dalam pertumbuhan ekonomi di Indonesia adalah E-Commerce. Pertumbuhan E-Commerce di Indonesia mencapai 78% hal tersebut menunjukkan pertumbuhan E-Commerce di Indonesia telah melampaui rata-rata dari pertumbuhan E-Commerce dunia yang hanya mencapai 14% dan Asia yang hanya mencapai 28%.

Indonesia memiliki kekuatan untuk mendominasi ekonomi digital jika dikelola dan diperhatikan dengan baik, terbukti 7 unicorn diakui dunia yang berasal dari Asia Tenggara empat diantaranya berasal dari Indonesia seperti Gojek, Tokopedia, Traveloka, dan Bukalapak. Indonesia optimis ekonomi digital adalah wajah baru dari Indonesia yang akan mengantarkan Indonesia menjadi 10 besar ekonomi dunia pada tahun 2030. 

share

let's create something
awesome together
start now