scroll icon

Content Marketing

01-Mar-2021

Content Marketing dapat didefinisikan sebagai sebuah strategi marketing yang fokus dalam membuat dan mendistribusikan konten yang berharga, relevan dan konsisten. Pada saat ini banyak pemain digital marketing telah menyadari pentingnya content marketing sebagai bagian dari strategi marketing. Salah satu cara paling efektif bagi pebisnis online untuk memasarkan produk mereka adalah dengan menggunakan content marketing, hal tersebut dikarenakan customer hanya memilih untuk berinteraksi dengan konten yang menarik minat mereka. 

Sebuah studi Aberdeen Group mengatakan rata-rata conversion rate sebuah website yang melakukan content marketing sebanyak 2,9%, secara statistik content marketing juga dapat meningkatkan conversion rate pelaku bisnis online sebanyak 6 kali lipat. Berdasarkan survei yang dilakukan oleh Content Marketing Institute, sebanyak 70% pemasar bisnis B2B mengatakan bahwa konten yang mereka buat pada tahun 2017 lebih banyak dibandingkan tahun sebelumnya, artinya kesadaran penggunaan konten dalam pemasaran terus meningkat karena content marketing dapat dikatakan sebagai strategi marketing yang dapat dilakukan oleh pebisnis kepada customer agar dapat berkomunikasi langsung. 

Menggunakan content marketing juga dapat membantu meningkatkan brand awareness dari bisnis kamu, dengan menghasilkan konten yang khusus untuk customer kamu serta konten positif akan membuat hubungan kamu dengan customer menjadi lebih dekat. Brand awareness yang meningkat juga mampu untuk menarik pelanggan baru. Tidak lupa juga untuk menentukan jenis konten apa yang ingin kamu buat, jenis konten terdiri dari beberapa format. Berikut adalah beberapa format yang paling banyak digunakan:

  • Blog post: Blog post biasanya sudah tersedia di website dan dirilis secara rutin untuk menarik customer atau pengunjung baru ke website. Blog post juga biasanya terdiri dari 1000-2000 kata.  
  • Infographics: format ini sangat direkomendasikan kepada kamu yang ingin menampilkan data yang banyak dan secara visual, sehingga data yang dibagikan menjadi mudah dimengerti dan lebih jelas. 
  • Video: Meskipun video memerlukan waktu dan sumber daya yang lebih besar dibandingkan dengan konten tertulis, namun video dapat meningkatkan popularitas sebuah visual marketing.
  • Podcast: saat ini podcast menjadi sarana yang banyak digunakan oleh bagian marketing dengan sasaran audience yang tidak memiliki waktu atau minat untuk membaca konten setiap hari. Jumlah pendengar podcast semakin meningkat setiap tahunnya sejak 2016, saat ini diperkirakan sebanyak 57 juta orang mendengarkan podcast setiap bulannya. 

Meskipun membuat content marketing membutuhkan waktu, organisasi dan kreativitas  yang lebih besar dibandingkan biasanya, namun content marketing dapat sangat membantu bisnis kamu dalam membangun strategi pemasaran sehingga tepat sasaran audience-nya.
Content marketing juga dapat membantu meningkatkan brand awareness dari bisnis kamu, dengan menghasilkan konten yang khusus untuk customer kamu serta konten positif akan membuat hubungan kamu dengan customer menjadi lebih dekat. Meningkatnya brand awareness yang meningkat juga mampu untuk menarik pelanggan baru.

share

let's create something
awesome together
start now