scroll icon

Cara Menargetkan Pengunjung Website Dengan Efektif

16-Jun-2021

Dalam menjalankan sebuah bisnis, hal yang harus selalu diperhatikan adalah cara pemasaran yang sesuai dengan target yang ingin dituju. Sosial media saat ini merupakan hal yang penting karena di Indonesia itu sendiri hampir 250 juta orang, terdapat 80 juta pengguna Facebook, dan 18 juta pengguna Instagram. Untuk mengetahui cara yang tepat untuk menargetkan pengunjung atau audience dari website, kamu dapat memasang iklan yang tepat dengan menggunakan sebuah data untuk engage customer dan menjalankan campaign baru. 

Ketika kamu membuat iklan di sosial media dan calon customer meng-klik iklan kamu, kemudian masuk ke landing page dan menambahkan beberapa items kedalam keranjang belanja hingga sampai menyelesaikan pembayaran. Data yang kamu peroleh dari beberapa tahap tersebut dapat kamu ambil dan gunakan untuk mengetahui target market kamu, ini yang dinamakan dengan konsep retargeting atau remarketing

Kamu juga dapat menggunakan beberapa pendekatan untuk menargetkan pengunjung website kamu, seperti: 

Plan S-T-D-C Approach 

  • See 

User melihat iklan tetapi tidak melakukan aktifitas apapun pada iklan tersebut, biasanya user tersebut akan meng-klik iklan kamu setelah 3 atau 4 kali melihat 

  • Think 

User akan meng-klik banner yang menarik bagi mereka, biasanya user tidak meng-klik secara langsung melainkan mereka melakukan riset melalui pencarian Google 

  • Do

User akan mengunjungi website untuk mencari sebuah informasi, biasanya user akan melihat informasi mengenai produk, promo dan pesan yang ada pada ads banner 

  • Coddle

Pada tahap ini user menjadi antusias terhadap sebuah brand yang telah ditawarkan

Menggunakan Iklan Yang Tepat 

Kamu perlu memiliki panduan yang terlebih dahulu sebelum memilih channel iklan yang tepat, ada beberapa pertanyaan yang umum ditanyakan oleh beberapa brand untuk membuat sebuah iklan seperti apa saja iklan yang ada, fungsinya dan fiturnya apa saja dan harganya berapa

Gunakan data ketika beriklan 

Data dapat kita gunakan untuk mengenal lebih dekat customer kalian, sehingga kita bisa mendapatkan customer yang tepat. Ketika pengunjung mengklik iklan, mengunjungi landing page, menambahkan barang kedalam keranjang belanja, atau menyelesaikan pembayaran pada iklan yang kamu buat, pada saat itulah kamu dapat memperoleh data yang dapat digunakan untuk retargeting atau remarketing brand atau produk kamu. 

Eksplorasi medium iklan baru

Saat ini brand tidak lagi hanya sebuah media saja, tetapi benar-benar dapat digunakan oleh User. Suatu brand dapat memaparkan iklannya pada produk yang mungkin tidak ada hubungannya dengan brand mereka tetapi dapat mendatangkan customer baru. Contohnya seperti McDonald di Jepang, mereka menjadi sponsor dari Pokemon Go, sehingga para pemain Pokemon Go dapat menemukan item terkait serta McDonald sebagai PokeStop dan PokeGym, hal tersebut dapat menarik para pemain dari Pokemon Go dan juga mendatangkan banyak pengunjung baru ke toko mereka. 

share

let's create something
awesome together
start now