scroll icon

Bagaimana cara pembuatan lead magnet?

13-Sep-2021

Marketing merupakan salah satu bentuk yang efektif untuk melakukan proses pemasaran dari sebuah produk, marketing memegang peranan yang sangat penting dalam penjualan produk dari sebuah perusahaan atau bisnis. Salah satu hal yang berkaitan dengan marketing adalah target yang harus dicapai, oleh karena itu sangat penting bagi sebuah perusahaan memiliki team khusus untuk marketing karena diperlukan analisis dan pembelajaran yang cukup mendalam agar semua plan dan strategi dapat berjalan dengan sangat baik serta mencapai target. Salah satu tipe marketing yang cukup penting dan menjadi sebuah indikator yang melekat pada pengelolaan marketing agar dapat mencapai target adalah dengan menggunakan lead magnet. 

Lead magnet merupakan istilah untuk sebuah layanan gratis yang diberikan dengan tujuan untuk mengumpulkan email konsumen. Layanan yang diberikan dapat berupa free trial produk, buletin elektronik hingga konsultasi secara gratis. Tim marketing biasanya menggunakan teknik ini untuk tujuan memasarkan penawaran yang tidak terkait dengan prospek penjualan utama. Namun beberapa jenis lead magnet dinilai seolah-olah menipu konsumen karena sifat dari pertukaran tersebut dibuat secara eksplisit. 

Berdasarkan artikel dari impact, agar layanan lead magnet menjadi lebih efektif harus mengikuti langkah-langkah sebagai berikut

1. Tentukan persona konsumen

Pilihlah salah satu buyer persona yang menurutmu dapat kamu penuhi kebutuhan serta keinginannya terlebih dahulu, meskipun setiap perusahaan memiliki banyak buyer persona tetapi layanan yang akan kamu tawarkan harus sangat spesifik untuk target konsumennya. 

2. Identifikasi value proposition 

Value proposition adalah sesuatu yang sudah dibutuhkan oleh buyer persona, setelah kamu menentukan buyer persona kamu harus memberikan mereka alasan yang kuat untuk mengambil layanan yang kamu sediakan. Temukan masalah yang dihadapi oleh buyer persona-mu dan berikan solusi yang cepat untuk masalah tersebut, karena value proposition atau nilai manfaat adalah alasan mengapa pelanggan memilih kita dibandingkan dengan yang lain. 

3. Berikan nama untuk lead magnet-mu 

Setelah kamu mengetahui layanan apa yang akan kamu tawarkan kepada buyer persona-mu, kamu bisa segera memberikan nama untuknya. Nama yang kamu berikan pada dasarnya merupakan judul agar value proposition-mu menarik bagi buyer persona. Nama lead magnet yang kamu berikan harus mampu membuat perbedaan yang drastis dalam tingkat konversinya. 

4. Pilih tipe lead magnet yang akan kamu tawarkan 

Lead magnet memiliki banyak tipe yang dapat kamu gunakan untuk menarik minat konsumen, pilihlah yang menurutmu dapat secara efektif memberikan proposisi nilai dimata konsumen. Buatlah layanan yang menurutmu mampu memenuhi kebutuhan konsumen. 

Ada banyak tipe layanan lead magnet yang dapat kamu tawarkan kepada konsumen untuk memenuhi kebutuhan mereka, berikut beberapa lead magnet yang dapat kamu gunakan

1. Guide/report 

Tipe guide/report merupakan tipe lead magnet yang paling umum dan paling sering digunakan, tipe ini juga menghasilkan konversi yang paling baik. 

2. Cheat sheet/handout

Cheat sheet biasanya hanya memiliki satu atau dua halaman saja, karena sebagian besar isinya telah disajikan dalam bentuk checklist, blueprint ataupun mindmap. Cheat sheet ini menjadi salah satu lead magnet yang banyak disukai oleh konsumen karena informasi yang diberikan sangat taktis dan ringkas, sehingga dapat menghemat waktu konsumen untuk membaca dan mengerti.

3. Video training/webinar

Video merupakan format yang menarik bagi konsumen, kamu harus mengenal dengan baik siapa buyer persona-mu setelah itu kamu dapat menggunakan tipe layanan ini. Tipe ini dapat menghasilkan konversi yang efektif bagi kamu, kunci layanan ini memberikan informasi yang benar-benar dapat digunakan oleh konsumen kamu.

4. Free trial 

Tipe layanan free trial sering diberikan kepada konsumen ketika sebuah bisnis meluncurkan produk baru, layanan ini memberikan akses kepada konsumen untuk mencoba produk tersebut dalam waktu terbatas. Layanan tipe ini terbukti dapat menarik banyak konsumen, baik konsumen yang telah loyal maupun konsumen baru. 

 

Nah, lead magnet sangat membantu dalam pengelolaan marketing bisnis kamu bukan? kamu dapat menggunakan langkah-langkah dan tipe lead magnet yang sudah dibahas di atas kepada konsumen kamu, sehingga kamu juga paham apa yang dibutuhkan dan diinginkan oleh konsumen kamu.



share

let's create something
awesome together
start now