scroll icon

Apakah Bisnis perlu social media marketing?

15-Oct-2021

Social Media Marketing merupakan sebuah metode pemasaran yang memanfaatkan jejaring sosial sebagai platform untuk mempromosikan produk atau campaign dari bisnis Anda. Social Media Marketing juga memiliki tujuan utama yaitu untuk membangun hubungan antara bisnis dan audience nya melalui konten yang bersifat interaktif, dengan begitu semakin tinggi engagement dari sebuah konten di sosial media maka akan semakin besar pula kemungkinan konten tersebut di share oleh orang. 

Menurut laporan yang dimiliki oleh Badan Pusat Statistik, sebesar 92,5 persen warga Indonesia yang mengakses internet, menggunakan sebagian besar waktu nya untuk membuka sosial media. Berdasarkan data tersebut dapat dilihat jika sosial media memiliki jangkauan demografis yang sangat luas, sehingga dengan memanfaatkan social media marketing dapat membantu pemasaran bisnis Anda menjadi lebih efisien. Yuk simak beberapa manfaat lainnya dari Social Media Marketing untuk bisnis Anda. 

1. Meningkatkan brand awareness 

Dengan menggunakan Social Media Marketing dapat membantu untuk mengenalkan bisnis Anda kepada target audience. Karena sosial media dapat menjangkau lebih banyak orang tanpa Anda perlu mengeluarkan budget yang besar atau waktu yang terbatas untuk menyewa iklan di baliho. 

2. Dapat menciptakan percakapan seputar bisnis Anda

Pada umumnya, brand yang cukup populer akan lebih mudah diperbincangkan oleh warganet, namun ada juga beberapa brand yang memang secara sengaja membuat campaign viral untuk meningkatkan visibilitas brand mereka. Contoh akun sosial media Netflix, mereka membentuk karakter admin Netflix terasa lebih ‘manusia’ dengan persona yang jenaka dan luwes sehingga hal tersebut memancing banyak interaksi like, share dan comments

3. Social Listening

Dengan sosial media, Anda dapat memantau percakapan mengenai sebuah topik dalam konteks sosial atau yang biasa disebut sebagai Social Listening. Dengan social listening, Anda dapat mengetahui masalah yang sedang dihadapi oleh target audience Anda, dengan begitu Anda dapat membuat konten terkait penyelesaian masalah tersebut. 

4. Menambahkan traffic pada website 

Salah satu manfaat terbesar dari melakukan social media marketing adalah meningkatkan traffic pada website Anda, namun walaupun cukup banyak memperoleh traffic dari sosial media tidak menjamin penjualan pada website juga akan meningkat. Jika ingin meningkatkan penjualan pada website, hal tersebut masih bergantung pada berbagai strategi pemasarannya. 

Secara umum, terdapat beberapa langkah yang dapat diterapkan untuk membentuk sebuah strategi social media marketing yang cukup efektif. Pertama-tama Anda perlu menentukan profil audiens bisnis Anda, profil audiens sebaiknya selaras dengan target pembeli produk Anda. Setelah mengetahui profil audiens, maka Anda dapat menentukan platform mana yang akan Anda jadikan sebagai channel untuk pemasaran produk. Setelah menentukan platform yang akan digunakan, pastikan Anda membuat konten yang menarik dan sesuai dengan selera target market bisnis Anda, bisa dengan menggunakan foto, video atau teks. Tahap selanjutnya, Anda perlu untuk menjadwalkan waktu publikasi konten. Dengan meng-upload konten di waktu-waktu senggang seperti jam makan siang atau jam pulang kerja dapat membantu untuk meningkatkan engagement pada konten. Setelah publikasi konten dilakukan, Anda perlu untuk memonitor keseluruhan engagement yang diterima oleh konten dan menanggapi setiap komentar atau pesan terkait dengan postingan Anda. Tahap yang terakhir adalah evaluasi hasil konten, dengan menggunakan fitur analytics Anda dapat mengukur performa konten yang Anda unggah. Hal tersebut berguna untuk menyusun rencana postingan selanjutnya.

share

let's create something
awesome together
start now