scroll icon

Apa itu User Generated Content (UGC)?

10-Dec-2021

Saat ini melakukan promosi untuk sebuah produk tidak harus mengeluarkan budget yang besar untuk memasang iklan di sosial media atau membayar influencer, Anda dapat mempromosikan produk atau jasa Anda secara gratis melalui User Generated Content (UGC). Mungkin Anda pernah menemukan sebuah postingan review produk atau jasa dari konsumen pada sosial media atau mungkin pada google search, postingan tersebut dinamakan User Generated Content (UGC), yaitu salah satu cara terbaik untuk mempromosikan produk atau bisnis Anda. 

User Generated Content (UGC) dapat berupa tulisan, foto, review maupun video yang diunggah oleh konsumen ke internet secara sukarela. Dalam postingan tersebut, biasanya konsumen berbagi pengalaman atau opini mereka setelah menggunakan produk atau jasa dan mention akun brand yang pernah mereka gunakan produknya. Setelah itu, brand akan mengunggah kembali postingan dari konsumen tersebut ke media sosial mereka. Dengan adanya User Generated Content (UGC), secara tidak langsung produk Anda dipromosikan dengan nada positif oleh konsumen. 

User Generated Content (UGC) menjadi salah satu bentuk pemasaran yang orisinil, karena konten tersebut dibuat secara sukarela oleh konsumen yang telah menggunakan produk (Experienced User). Ulasan yang diunggah oleh konsumen dapat membantu meningkatkan brand equity dan brand awareness dari bisnis Anda. Salah satu brand besar seperti Starbucks, masih menggunakan User Generated Content (UGC) untuk meningkatkan brand equity mereka. Jika pelanggan mereka menyempatkan untuk memotretnya dan upload di instagram dengan mention akun Starbucks maka akan diposting ulang pada akun instagram official Starbucks. 

Walaupun User Generated Content (UGC) merupakan promosi yang tidak memerlukan budget, tetapi manfaat yang didapat dari User Generated Content (UGC) tidak kalah banyak dari promosi yang berbayar. Dengan menggunakan User Generated Content (UGC) Anda dapat merasakan beberapa manfaat penting bagi berjalannya sebuah bisnis seperti, meningkatkan brand awareness, meningkatkan traffic organik, memberikan sumber konten yang autentik, dan memperkuat digital presence

Pada dasarnya konsumer baru akan datang setelah melihat User Generated Content (UGC), karena dianggap lebih terpercaya berdasarkan dari experienced user serta dianggap lebih jujur dalam mereview produk karena tidak adanya unsur sponsor atau bayaran yang diterima oleh konsumen tersebut. 

share

let's create something
awesome together
start now